Aspek-aspek komunikasi data dan suara

Tujuan Pembelajaran
  1. Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara
  2. Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara

Menanya
  1. Bagaimanakah gambaran Teknologi Komunikasi Data?
  2. Bagiamanakah gambaran Teknologi Komunikasi Audio?                                                  
Mengumpulkan Informasi 
Perkembangan teknologi komunikasi mengikuti sejarah  yang tidak sederhana. Berdasarkan perkembangan tersebut, kita mengenal teknologi komunikasi tradisional dan modern.
Teknologi komunikasi tradisional bercirikan langsung dan menggunakan simbol-simbol yang disepakati secara lokal, sedangkan teknologi modern selalu bergantung kepada energi listrik (BBM, surya, angin dan lain lain). Hal ini akan menjadi masalah, apalagi di wilayah terpencil (didesa-desa lereng gunung berapi, pulau-pulau kecil).

Sistem Komunikasi
Kita dapat melakukan komunikasi secara langsung atau tidak langsung. Pembicaraan tatap muka adalah contoh komunikasi secara langsung. Pembicaraan dapat juga dilakukan secara tidak langsung biasanya karena alasan jarak yang jauh, maka kita memerlukan media atau alat seperti telepon.

Sistem komunikasi merupakan suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan, pengolahan pesan yang terjadi dalam diri seseorang dan atau diantara dua orang atau lebih untuk menyampaikan tujuan tertentu.

Komunikasi berasal dari bahasa latin: comunicare yang berarti membawa bersama atau menggunakan bersama.

Prinsip Kerja Komunikasi
Mekanisme komunikasi merupakan proses yang terjadi mulai dari pengiriman pesan sampai umpan balik. Demikian juga, ketika kita menggunakan alat bantu komunikasi atau peralatan.

Telekomunikasi menyatakan segala bentuk komunikasi jarak jauh yang menggunakan peralatan seperti telepon, televisi, radio, kabel, telegraf, dan satelit. Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak laion yang letaknya berjauhan.

Teknologi inilah yang membuat jarak seperti tidak ada lagi. Ribuan atau bahkan kilometer bukanlah menjadi hambatan untuk berkomunikasi secara online karena kehadiran teknologi telekomunikasi.

Macam isyarat
Data/informasi yang disampaikan melalui media transmisi terwujud isyarat listrik. Macam isyarat yang melalui media tersebut dapat berupa :

Hasil gambar untuk isyarat analog

1. Isyarat Analog
Isyarat analog bisa juga disebut isyarat kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah
karakteristik gelombang.

Isyarat analog biasa dinyatakan dengan gelomabang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis Fourier, suatu isyarat analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus.

2. Isyarat Digital
Isyarat digital biasa juga disebut isyarat diskret. Isyarat ini tersusun atas dua keadaan, yang biasa disebut bit.

Keadaan 1 diperoleh dengan misalnya diwakili oleh tegangan + 5 volt dan keadaan 0 diwakili oleh 0 volt. Bit merupakan istilah khas pada isyarat digital. Sebuah bit dapat berupa 0 (nol) atau 1 (satu).
Kemungkinan nilai untuk sebuah adalah 2 buah (2¹). Kemungkinan nilai untuk sebuah 2 buah bit adalah sebanyak 4 (2²), berupa 00,01,10, dan 11. Kemungkinan nilai untuk 3 buah bit berupa 000,001,010,100,101,110, dan 111  (2³). Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n buah bit adalah sebesar 2n buah. sebagai contoh, dalam sistem ASCII,      huruf A dinyatakan sebagai 01000110.

Kanal
Pada komunikasi data, media transmisi sering dinyatakan dengan istilah rangkaian (Circuit). Terganung dari rangkaiannya, suatu rangkaian dapat mengandung satu atau beberapa kanal. kanal menyatakan sebuah lintasan satu arah untuk mentransmisikan data.

Sebagai analogi, kanal dapat dibayangkan sebagai jalur jalur yang terdapat pada suatu jalan. Sebuah jalan bisa mengandung lebih dari 1 jalur.

Laju Data
Berkaitan dengan kecepatan data, terdapat dua istilah yang terkadang sering dipertukarkan dan sesungguhnya berbeda. kedua istilah yang dimaksud adalah :

  • laju bit (bit rate)
  • laju baud
Laju bit (sering kali disebut laju data) menyatakan jumlah bit perdetik, sedangkan laju baud (sering kali disebut baud saja) menyatakan kecepatan isyarat (baik analog maupun digital) yang melalui kanal. Sebuah kanal yang memiliki baud b tidak selalu mentransmisikan b bit per detik, karena masing-masing isyarat bisa saja membawa beberapa bit. Apabila setiap sebuah nilai amplitudo menyatakan sebuah bit (misalnya amplitudo positif menyatakan bit 1 dan amplitudo negatif menyatakan bit 0), maka baud sama dengan laju bit. Namun bila terdapat empat macam tegangan yang digunakan untuk mempresentasikan nilai biner 00,01,10, dan 11 (disebut dibits). Laju bit sebesar dua kali laju baud. Jika terdapat delapan macam tegangan, isyarat dapat digunakan untuk membawa tiga buah bit. Pada keadaan seperti ini, laju bit adalah sebesar tiga kali laju baud. Sebagai contoh sebuah modem dapat memodulasikan seederet bit digital dan mengalirkan 2400 bit per detik dengan menggunakan isyarat berlaju sebesar 600 baud.


Komunikasi Data dan Suara

1. Komunikasi Data
Komunikasi Data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan penerimaan) antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik yang dengan jangkauan sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas. Komunikasi data bisa terjadi jika ada pengirim, penerima, media transmisi data dan protokol

2. Komunikasi Suara
Komunikasi suara adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan.


TUGAS
1. Jelaskan prinsip kerja komunikasi yang anda pahami!
2. Menurut pemahaman anda apa yang dimaksud dengan komunikasi data dan audio!
3. Tuliskan dan jelaskan secara singkat komponen-komponen penting yang menyusun system komunikasi data!
4. Apa yang anda ketahui tentang modern?
5. Jelaskan yang dimaksud dengan :
  • Front-end processor 
  • Concentrator
  • dan meultiplexer
  • kanal
6. Tuliskan perbedaan Karakteristik komunikasi Data dengan Komunikasi Suara (Analog)!

JAWABAN
1. Prinsip kerja :
  • Proses komunikasi diawali dengan sebuah pesan atau informasi yang harus dikirimkan dari individu/perangkat satu ke perangkat lain.
  • Pesan/infromasi tersebut selanjutnya dikonferensi ke dalam bentuk biner atau bit yang selanjutnya bit tersebut di encode menjadi sinyal.
  • Sinyal tersebut kemudian oleh transmitter dikirmkan/dipancarkan melalui media yang telah kita pilih.
  • Dibuthkan media transmisi (radio,optik,coaxial,tembaga) yang baik agar gangguan selama disaluran dapat dikurangi.
  • Selanjutnya sinyal tersebut diterima oleh stasiun penerima. Sinyal tersebut di encode ke dalam format biner atau bit yang selanjutnya diubah ke dalam pesan/informasi asli agar dapat didengar/dibaca oleh perangkat penerima.
2. jawab : 
  • Komunikasi Data adalah hubungan atau interaksi (pengirim dan penerima) antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik yang dengan jangkauan sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas.
  • Komunikasi Audio adalah komunikasi yang menggunakan frekuensi radio sebagai media pengiriman data , data yang dikirimkan berupa suara yang kemudian diubah menjadi sinyal radio dan diterima receiver untuk kemudian diubah lagi menjadi suara lewat bantuan speaker.

3. jawab :
  • Komputer untuk memproses data.\
  • Terminal atau peralatan masukan/keluaran untuk mengirimkan atau menerima transmisi sering disebut juga saluran komunikasi.
  • Prosesor komunikasi yang mendukung pengiriman atau penerma data via media transmisi.
  • Perangkat lunak yang mengontrol kegiatan pertukaran informasi.
  • Perangkat pengirim mengirimkan data/informasi melalui prosesor komunikasi prosesor inilah yang bertanggung jawab melintaskan data/informasi ke media transmisi.
  • Pada bagian penerima prosesor komunikasi inilah yang berperan menangkap data yang berasal dari media transmisi dan mengoversinya menjadi data/informasi dalam bentuk yang bisa dimengerti oleh komputer penerima.
4. Modem merupakan singkatan dari Modulator Demulator. Dimana kedua kata ini memiliki arti yaitu Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain Modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.

5. jawab :
  • Front-end processor berupa suatu komputer ditujukan secara khusus untuk pengelolaan komunikasi dan dipasangkan  ke komputer (host) pada sistem mainframe.
  • Concentrator adalah komputer yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan pesan-pesan secara sementara yang berasal dari sejumlah terminal sampai pesan-pesan tersebut siap dikirimkan secara serentak.
  • Multiplexer adalah peranti yang memungkinkan sebuah media transmisi dapat dipakai untuk melewatkan data oleh sejumlah besar secara serentak.
  • Kanal adalah menyatakan sebuah lintasan satu arah untuk menstransmisikan data.
6. Jawab :
Analog :
  • Digunakan untuk komunikasi yang lalu lintasnya rendah
  • Mengirim data jauh lebih lama dengan kapasitas yang biasa dan memiliki tingkat error yang lebih besar
  • Penggunaan yang berulang terhadap informasi mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri
  • Tidak dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara efektif
  • Sistem komunikasi kurang fleksibel
Digital :
  • Digunakan untuk komunikasi yang lalu lintasnya padat atau tinggi
  • Mengirimkan data dengan cepat, dengan kapasitas yang lebih, dan memiliki tingkat eorr yang kecil
  • Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri
  • Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkan nya secara interaktif.
  • Sistem komunikasi lebih fleksibel







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar komunikasi data

Konfigurasi FTP pada windows server 2012 via VMWare

Konfigurasi VoIP VLAN via Cisco Packet Tracer