Konfigurasi FTP pada windows server 2012 via VMWare

Hasil gambar untuk windows server 2012 r2
Halo sobat IT! Kali ini saya akan memberikan cara bagaimana melakukan konfigurasi FTP pada Windows Server 2012 R2 via VMWare.

Apa itu FTP (File Transfer Protocol)?
FTP adalah sebuah protokol yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk pengiriman file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan. FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini.

Fungsi FTP?
Fungsi FTP adalah untuk melakukan pengunduhan  (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Persiapan :
- VMWare
- Windows Server 2012 (yang sudah ter install di VMWare)


Oiya, sebelumnya FTP itu ada dua cara untuk client mengaksesnya, yaitu anonymous dan authentication user. Dan untuk konfigurasi pada servernya ya tentunya berbeda, saya kali ini akan memberikan cara untuk keduanya.

Berikut langkahnya :

Untuk langkah pertamanya masih sama, nanti akan ada hal yang membuat anonymous dengan authentication user berbeda konfigurasinya

1. Klik "Add roles and features"  untuk menambahkan fitur FTP Server.

2. Disini kita klik next saja untuk memulai.

3. Pilih "Role-based or feature-based installation" untuk menambahkan beberapa fitur lainnya.

4. Pilih server yang akan kita gunakan, disini kita pilih "Select a server from the server pool".

5. Kita akan aktifkan terlebih dahulu Web server IIS karena FTP server adanya didalam Web server IIS.

Klik "Add features" untuk menambahkan.

Jika sudah maka akan ada tanda ceklis seperti ini.

6. Untuk penambahan fiturnya kosongkan saja, lalu klik "next".

7. Web server IIS sudah ditambahkan, maka selanjutnya diberitahukan informasi mengenai Web server IIS yang digunakan, klik "next" untuk melanjutkan.

8. Pilih role service yang akan digunakan, karna kita akan menggunakan FTP Server maka kita pilih "FTP Server", lalu klik "next".

9. Akan muncul konfirmasi instalasi yang sudah dipilih. Jika sudah membacanya klik "Install".

10. Proses instalasi sedang berjalan tunggu beberapa saat, kita close saja.


11. Berikutnya kita masuk ke menu tools kemudian pilih "internet information service (IIS) Manager".

12. Disini server IIS yang sudah dibuat akan tampil sesuai dengan informasi yang diberikan tadi yaitu IIS versi 8.

13. Double klik server yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian akan muncul kotak dialog IIS dengan memberikan pertanyaan apakah ingin menggunakan Microsoft Web Platform tetap terkonek dengan Komponen Web Platform yang baru-baru ini.

14. Maka ketika kita mencentang dengan klik "yes" tadi, maka akan muncul kotak dialog menuju Internet Explorer. Disini kita klik tanda "X" saja.

15. Lalu akan muncul lagi kotak dialog Internet Explorer 11 akan muncul klik "ask me later" karena kita akan menggunakan web browser yang lain.
\


Konfigurasi pada Anonymous

1. Pada Server home pilih "FTP Authentication". Authentication ini menjelaskan user yang diberikan hak akses login nantinya.

2. Disini kita akan mengaktifkan "Anonymous" dengan meng klik, lalu pilih "enable".

3. Kembali ke server home pilih "FTP authorization rules".

4. Pilih "Add Allow Rule", lalu untuk allow access nya kita pilih "All Anonymous Users", dan permissions nya kita ceklis dua duanya "Read" dan "Write".

5. Maka user anonymous sudah ditambahkan. User ini nantinya akan bisa mengakses ftp tanpa ada login password, berbeda dengan Authentication user.

6. Membuat folder yang akan di share nantinya pada client. Nama folder yang akan diberikan tentukan sendiri mau ditaruh di drice C atau D yang ingin digunakan.

7. Klik kanan pada "Sites" lalu pilih "Add FTP Site" untuk membuat situs FTP nya.

8. Setelah itu akan muncul seperti ini, tambahkan site name sesuai yang anda gunakan. Lalu arahkan path nya ke folder yang tadi kita buat, lalu klik "next".

9. Masukkan IP Address sesuai dengan IP yang digunakan oleh server, kemudian portnya diamkan saja karna memang defaultnya 21, untuk SSL kita pilih "No SSL", jika sudah klik "next".

10. Pilih "Anonymous", dan allow accesnya kita pilih "Anonymous users", permissionnya kita ceklis dua duanya "Read" dan "Write", jika sudah klik "Finish".

11. Konfigurasi FTP sudah selesai kita coba verifikasi dengan meng klik "Explore".

12. Masuk ke dalam folder "FTP" tadi, lalu kita tambahkan folder lagi didalamnya.

13. Lalu kita coba lakukan verifikasi dengan mengakses IP Address dari server dengan mengetik ftp://18.18.18.18 .

Jika muncul seperti dibawah ini maka artinya berhasil.

15. Kita akan mencoba meakukan verifikasi pada browser, tapi sebelumnya kita masukan IP yang tadi kita buat.

Pada Adapter di VMNet 1, karna PC kita digunakan sebagai client.

17. Lalu coba ketik ftp://18.18.18.18 di browser, jika tampilannya seperti dibawah ini maka artinya berhasil.

18. Kita coba lakukan verifikasi lewat cmd dengan mengetik ftp 18.18.18.18 untuk user kita masukkan anonymous, dan untuk password kita langsung enter saja. Jika tampilannya seperti dibawah ini artinya berhasil, cobalah ketik perintah dir untuk mengetahui apakah folder ftp yang kita buat tadi ada aau tidak.

19. Lewat cmd kita juga bisa upload dan download file dengan perintah put dan get. Jika ingin mencobanya, terlebih dahulu kalian coba buat file text pada desktop.

Lalu ketikkan perintah put dan jangan lupa beserta letak file text yang kita buat tadi. Jika ada pemberitahuan "transfer complete artinya berhasil , lalu coba untuk ketikkan perintah dir maka file text tadi sudah berhasil kita upload.

*untuk mengecek detail letak file text



21. Lalu selanjutnya adalah cara untuk mendownload file dengan ketikkan perintah get , pilih file text apa yang ingin kita download dari ftp contoh "jeremiah.txt", lalu masukkan dimana kita akan meletakkan file yang ingin kita download tadi, saya mengarahkannya pada desktop, jika ada tulisan "transfer complete" maka artinya berhasil.


Konfigurasi pada Authentication User

1. Kita beri nama site name yang akan kita buat, lalu arahkan pathnya ke folder yang sudah kita buat.
*saya membuat foldernya berbeda dengan konfigurasi yang saya lakukan pada anonymous

2. Masukkan IP address, lalu portnya biarkan saja karna 21 itu sudah default, untuk SSL kita pilih "No SSL", lalu klik "next".

3. Kita pilih "User", untuk allow accesnya kita pilih "Specified users" dan beri nama Usernya (karna nama saya Jeremiah ya saya beri itu) , permissions nya kita ceklis dua duanya "Read" dan "Write", lalu klik "Finish".

4. Kembali ke desktop, lalu kita ke menu "Tools" > "Computer management".

5. Pilih "Local Users and Groups", lalu klik kanan pada "Users", pilih "New User".

6. Beri User name nya, lalu jan lupa untuk tambahkan password (usahakan passwordnya mengandung huruf kapital, simbol, dan angka), lalu ceklis seperti yang dibawah ini, jika sudah klik "Create".

7. Kita coba lakukan verifikasi dengan ketik ftp://18.18.18.18 .

8. Nah disini perbedaannya anonymous dengan authentication user, disini kita diminta untuk memasukkan username dan password (yang tadi kita buat).

9. Lalu jika sudah, maka tampilannya akan seperti dibawah ini artinya berhasil.

10. Kita coba verifikasi pada browser, disini kita juga diminta untuk memasukkan username dan password.

11. Jika sudah seperti ini maka artinya berhasil.

12. Lalu kita coba lakukan verifikasi pada cmd, caranya sama seperti anonymous hanya yang berbeda adalah untuk username dan passwordnya.

13. Untuk mengupload dan mendowload file caranya sama seperti anonymous.




17. Lalu kita coba lakukan verifikasi pada filezila, dengan cara yang sama kita memasukan IP, username, password, dan juga portnya, lalu klik "quickconnect".




TROUBLESHOOTING

Jika browser ftp dan cmd tidak bisa diakses, maka kalian harus mematikan firewall nya terlebih dahulu. Baik itu pada Server dan client.


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar komunikasi data

Konfigurasi VoIP VLAN via Cisco Packet Tracer